MTGS SINGLE COSPLAY COMPETITION RULES

MTGS SINGLE COSPLAY COMPETITION RULES

 Ketentuan
1. Peserta
  • Terbuka untuk umum.
  • Membayar biaya registrasi Rp. 100.000 sekaligus penyetoran Formulir, BGM music / Video, Gambar Detail Karakter dan Penjelasan tentang performance.
  • Berasal dari karya yang terpublikasi seperti ANIME (Animasi Jepang), KARTUN (Animasi barat), MANGA (Komik Jepang), KOMIK (Barat, Indonesia, dll), GRAPHIC NOVEL, GAME (Asia & Barat),  TOKUSATSU (Super Hero Jepang), LIVE ACTION MOVIE (Adaptasi anime/ komik/ game/ novel baik dari Jepang dan barat) dan OFFICIAL VOCALOID CHARACTER.
  • Bisa tampil Personal/Solo dan Kelompok maksimal 2 orang, 1 orang peserta event dan 1 orang pemeran pembantu dan asisten maksimal 2 orang.  
  • Untuk penampilan kelompok tema cosplay yang dibawakan harus 1 tema/ judul.
  • Kostum yang dikompetisikan adalah karakter yang berasal dari seri yang sama.

  • Asisten hanya membantu peserta diluar panggung, sebelum perform dan setelah perform.
  • Peserta hanya diperbolehkan untuk tampil di atas panggung yang telah disediakan, dilarang untuk tampil di daerah juri dan penonton (dilarang untuk melompat dari panggung dan berinteraksi di luar area panggung).
  • Urutan penampilan ditentukan oleh undian yang dilakukan oleh panitia.
  • Pembagian Kategori Armor dan Dress berdasarkan kostum yang digunakan. 70% kostum yang terbuat dari busahati atau sejenisnya dikategorikan Armor, 30% kostum yang terbuat dari busahati dikategorikan Dress.
  • Pembagian kategori akan diputusan panitia berdasarkan gambar yang diberikan oleh peserta saat pendaftaran.






  • 2. Performance
  • Backsound disediakan oleh peserta
  • Penampilan Solo Maksimal 3 menit dan 1 menit untuk persiapan.
  • Properti harap di sediakan oleh peserta adapun kebutuhan properti lainnya yang mungkin bisa disediakan panitia, agar di pertanyakan terlebih dahulu
  • Menggunakan Video / Audio Background sebagai latar performance.
  • Peserta harus mengisi lembar kompetisi sebagai syarat performance.
  • Performance akan didukung dengan video background, properti panggung, lighting (jika ada) dan audio.
  • Properti Panggung tidak dinilai secara khusus, namun menambah nilai tambah untuk penilaian performance.
  • Performance akan dicoba terlebih dahulu secara teknis pada rehearsal (jika ada).
  • 3. Pemilihan Pemenang
  • Pemenang dipilih oleh juri
  • Kriteria penilaian terdirit atas Performance (Penguasaan Panggung / Nilai Hiburan, Tingkat Kinerja, Interpretasi, Nilai kreatif), Kostum (Detail Kostum, Tingkat kesulitan / Penggunaan bahan dan Kelengkapan Kostum, Kemiripan dengan Karakter yang diperankan), Penghayatan Karakter / Pendalaman Karakter.
  • Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.

4. Alur Singles Cosplay
  • Berganti pakaian di ruang ganti yang tersedia
  • Masuk ke Registration Area untuk registrasi ulang
  • Kemudian masuk ke Photobooth Area untuk di photo.

Peraturan Tambahan
KOSTUM/ PERLENGKAPAN
  • Tidak diperbolehkan menggunakan karakter self-made/ original/ buatan sendiri yang tidak/ belum terpublikasi
  • Kostum harus buatan tangan, merupakan buatan sendiri yang dibantu oleh anggota tim.
  • Kostum & perlengkapan yang dibuat dengan kualitas terbaik dan semirip mungkin dengan karakter aslinya.
  • Penambahan aksesoris/ corak/ cahaya untuk memperindah kostum secara visual diperbolehkan, asal tidak merusak image karakter aslinya secara penuh. (10% dari keseluruhan).
  • Tidak diperbolehkan menggunakan resin/ fiber glass untuk material kostum, kecuali helm dan properti.
  • 80% kostum harus buatan tangan, 20% merupakan perlengkapan yang sudah jadi seperti wig, bodysuit dan aksesoris.
ATURAN KHUSUS:



PROPERTI TANGAN

Definisi: Properti Tangan adalah peralatan/ perlengkapan yang digunakan diatas panggung sebagai bagian dari performance, dipegang oleh tangan, dan merupakan bagian dari kostum.
  • Properti tangan harus dipegang saat masuk panggung, atau di pasang pada stand/ properti panggung.
  • Ukuran maksimum properti adalah panjang 3 meter
  • Perlengkapan milik acara, tidak bisa digunakan untuk Properti Tangan
  • Untuk properti tangan yang digunakan untuk action/ battle, tidak boleh menggunakan metal dan kaca sebagai bahan dasar.
  • Dilarang untuk menggunakan cairan, kimia dan api untuk properti tangan.
  • Seluruh properti tangan akan melewati safety check terlebih dahulu.


VIDEO BACKGROUND
  • Durasi waktu Video BGM maksimum adalah 3 menit.
  • Format video adalah MP4
  • Resolusi video adalah 720p (1280×720)
  • Rasio video adalah 16:9
KRITERIA PENILAIAN LOMBASetiap juri di Lomba Cosplay dapat memberikan nilai
1.      10 point untuk Performane
2.      10 point untuk Kostum
3.      10 point untuk kesetiaan pada originalitas karakter / Pendalaman Karakter
Dengan maksimal penilaian 30 point
[1] Performance (10 point) : Meliputi Penguasaan Panggung / Nilai Hiburan yang diberikan kepada penonton atau juri, Tingkat Kinerja (Aksi dalam performance), Interpretasi (Pemahaman yang diberikan dari perfromancenya), Nilai kreatif (Penggunaan Properti, Alur cerita dll)
[2] Kostume (10 point) : Detail Kostum, Tingkat kesulitan / Penggunaan bahan dan Kelengkapan Kostum, Kemiripan dengan Karakter yang diperankan. Tingkat mobilitas dan daya tahan kostum akan menjadi nilai tersendiri
.[3] Kesetiaan pada karya asli (10 poin): Seberapa dekat performa dengan cerita asli dan karakter; berapa banyak rasa hormat yang ditunjukkan terhadap karya asli / pendalaman karakter.

UNTUK FORMULIR PENDATARAN BISA DI DOWNLOAD di SINI




COMASU

0 comments: